Kamis, 02 Mei 2013

Metode Ilmiah



A.    Tema Penelitian

Peramalan Penjualan

B.     Judul Penelitian

ANALISIS RAMALAN PENJUALAN PADA KIOS HISANA FRIED CHICKEN DI PERUMAHAN PONDOK UNGU PERMAI BEKASI UTARA”

C.    Latar Belakang Masalah

Era modernsiasi kini makin banyak bermunculan usaha-usaha baru dari usaha  rumahan, pabrik besar, perusahaan, hingga bisnis internasional. Persaingan juga makin meruncing maka dari itu kita tetap harus menjaga serta meningkatkan mutu penjualan, kualitas produk. Tujuannya agar tidak tersingkir dari persaingan dan perusahaan bias membandingkan penjualan dari tahun ketahun.
Untuk tetap bisa bersaing dan memperoleh keuntungan tentunya di butuhkan informasi dalam pencapaian target penjualan. Salah satunya dengan peramalan penjualan yang akan membantu memprediksikan hasil penjualan dimasa yang akan datang sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih maksimal lagi. Jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan dalam menjalankan penjualannya maka perusahaan tersebut sudah dapat di bilang perusahaan yang maju karena produknya bias di terima oleh konsumen.
Peramalan atau forecast adalah kumpulan data yang menuliskan dan menerangkan kegiatan produksi pada waktu yang akan datang, Peramalan atau forecast sangat di perlukan dalam suatu perusahaan, agar perusahaan tersebut dapat memperhitungkan berapa persen dari angka penjualan tersebut dapat terjual dengan target yang di inginkan. Apakah  target penjualan sudah sampai pada titik yang di inginkan atau belum. Dengan metode Frocast di harapkan perusahaan  dapat meningkatkan mutu penjualan dari waktu ke waktu . Dari uraian di atas, untuk mengetahui ramalan penjualan, untuk itu penulis dalam penulisan ilmiah ini memberi judul “ANALISIS RAMALAN PENJUALAN PADA KIOS HISANA FRIED CHICKEN DI PERUMAHAN PONDOK UNGU PERMAI BEKASI UTARA”

D.    Rumusan Masalah
Adapun perumusan masalah pada penelitian ini, yaitu metode apa yang digunakan oleh usaha tersebut?

E.     Tujuan Penelitian
1.      Untuk menentukan penjualan bulan Mei 2013.
2.      Untuk mengetahui metode apa yang cocok untuk ramalan penjualan Hisana Fried Chicken.

F.     Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan yang bermanfaat bagi Hisana fried chicken agar mudah melakukan strategi penjualan dan bisa mengembangkan usahanya.

G.    Analisis Data
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.WMA (moving average/ rata-rata bergerak)
                       å  penjualan nyata pada n periode terakhir
            MA   =                              
            å periode (n) yang digunakan dalam waktu average

                   
2.WMA (weight moving average/ rata-rata bergerak tertimbang)

WMA = (Wt*Xt) + (Wt-1*Xt-1) + (Wt-2*Xt-2) + …….

3.ES (exponential smoothing/ penulisan exponential)

Ft = {Ft- 1 + α (At-1 – Ft-1)}

4.MAD (mean absolute deviasion/ kesalahan peramalan)

                        å Kesalahan
MAD =
                            N-n



H.    Simpulan

Peramalan atau forecast adalah kumpulan data yang menuliskan dan menerangkan kegiatan produksi pada waktu yang akan datang, Peramalan atau forecast sangat di perlukan dalam suatu perusahaan, agar perusahaan tersebut dapat memperhitungkan berapa persen dari angka penjualan tersebut dapat terjual dengan target yang di inginkan. Apakah  target penjualan sudah sampai pada titik yang di inginkan atau belum. Dengan metode Frocast di harapkan perusahaan  dapat meningkatkan mutu penjualan dari waktu ke waktu. Untuk peramalan penjualan bias manggunakan metode WMA, MA, dan ES dengan mencari tingkat kesalahan yang paling rendah.



Annis Septhi Kartika
19210469
3ea19

1 komentar:

  1. Bagaimana kalau judulnya tidak menyertakan kata ramalan, oke..

    BalasHapus