A.
Tema
Penelitian
Peramalan Penjualan
B.
Judul
Penelitian
ANALISIS RAMALAN PENJUALAN PADA
KIOS HISANA FRIED CHICKEN DI PERUMAHAN PONDOK UNGU PERMAI BEKASI UTARA”
C. Latar Belakang Masalah
Era
modernsiasi kini makin banyak bermunculan usaha-usaha baru dari usaha rumahan, pabrik besar, perusahaan, hingga
bisnis internasional. Persaingan juga makin meruncing maka dari itu kita tetap
harus menjaga serta meningkatkan mutu penjualan, kualitas produk. Tujuannya
agar tidak tersingkir dari persaingan dan perusahaan bias membandingkan
penjualan dari tahun ketahun.
Untuk tetap bisa bersaing dan memperoleh keuntungan
tentunya di butuhkan informasi dalam pencapaian target penjualan. Salah satunya
dengan peramalan penjualan yang akan membantu memprediksikan hasil penjualan
dimasa yang akan datang sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih
maksimal lagi. Jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan dalam menjalankan
penjualannya maka perusahaan tersebut sudah dapat di bilang perusahaan yang
maju karena produknya bias di terima oleh konsumen.
Peramalan atau forecast adalah kumpulan data yang
menuliskan dan menerangkan kegiatan produksi pada waktu yang akan datang, Peramalan
atau forecast sangat di perlukan dalam suatu perusahaan, agar perusahaan
tersebut dapat memperhitungkan berapa persen dari angka penjualan tersebut
dapat terjual dengan target yang di inginkan. Apakah target penjualan sudah sampai pada titik yang
di inginkan atau belum. Dengan metode Frocast di harapkan perusahaan dapat meningkatkan mutu penjualan dari waktu
ke waktu . Dari uraian di atas, untuk mengetahui ramalan penjualan, untuk itu
penulis dalam penulisan ilmiah ini memberi judul “ANALISIS RAMALAN PENJUALAN PADA KIOS HISANA FRIED CHICKEN DI PERUMAHAN
PONDOK UNGU PERMAI BEKASI UTARA”
D.
Rumusan
Masalah
Adapun
perumusan masalah pada penelitian ini, yaitu metode apa yang digunakan oleh
usaha tersebut?
E. Tujuan Penelitian
1. Untuk
menentukan penjualan bulan Mei 2013.
2. Untuk
mengetahui metode apa yang cocok untuk ramalan penjualan Hisana Fried Chicken.
F. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan yang bermanfaat bagi Hisana fried
chicken agar mudah melakukan strategi penjualan dan bisa mengembangkan usahanya.
G. Analisis Data
Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.WMA (moving average/
rata-rata bergerak)
å penjualan nyata pada n periode terakhir
MA
=
å
periode (n) yang digunakan dalam waktu average
2.WMA (weight moving
average/ rata-rata bergerak tertimbang)
WMA = (Wt*Xt) + (Wt-1*Xt-1)
+ (Wt-2*Xt-2) + …….
3.ES (exponential
smoothing/ penulisan exponential)
Ft = {Ft- 1 + α (At-1 –
Ft-1)}
4.MAD (mean absolute
deviasion/ kesalahan peramalan)
å Kesalahan
MAD =
N-n
H.
Simpulan
Peramalan
atau forecast adalah kumpulan data yang menuliskan dan menerangkan kegiatan
produksi pada waktu yang akan datang, Peramalan atau forecast sangat di
perlukan dalam suatu perusahaan, agar perusahaan tersebut dapat memperhitungkan
berapa persen dari angka penjualan tersebut dapat terjual dengan target yang di
inginkan. Apakah target penjualan sudah
sampai pada titik yang di inginkan atau belum. Dengan metode Frocast di
harapkan perusahaan dapat meningkatkan
mutu penjualan dari waktu ke waktu. Untuk peramalan penjualan bias manggunakan
metode WMA, MA, dan ES dengan mencari tingkat kesalahan yang paling rendah.
Annis Septhi Kartika
19210469
3ea19
Bagaimana kalau judulnya tidak menyertakan kata ramalan, oke..
BalasHapus