PROSES KEPUTUSAN MEMBELI
Proses pengambilan keputusan
pembelian ada lima tahap yaitu : Pengenalan
kebutuhan, Pencarian
informasi, Pengevaluasian
alternatif, Keputusan
pembelian, dan Perilaku
setelah pembelian. Tapi pada kenyataannya kadang proses ini tidak
berurutan bahkan juga bisa melongkapi. Berikut penjelasan dari 5 proses
keputusan membeli :
1.
Pengenalan
Kebutuhan
Suatu keadaan dimana individu merasa sangat membutuhkan sesuatu,missalnya makan,minum,dll. Sehingga individu tersebut memfokuskan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia butuhkan. Hal ini dapat terjadi dengan adanya rangsangan eksternal, misalkan kita tertarik oleh handphone terbaru dari pembicaraan dengan individu lain sehingga mendorong kita untuk ingin mempunyai handphone terbaru tersebut.
Suatu keadaan dimana individu merasa sangat membutuhkan sesuatu,missalnya makan,minum,dll. Sehingga individu tersebut memfokuskan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia butuhkan. Hal ini dapat terjadi dengan adanya rangsangan eksternal, misalkan kita tertarik oleh handphone terbaru dari pembicaraan dengan individu lain sehingga mendorong kita untuk ingin mempunyai handphone terbaru tersebut.
2.
Pencarian
Informasi
Individu yang mulai menentukan kebutuhannya di ikuti dengan proses pencarian informasi yang muncul dari rasa ingin lebih tau tentang apa yang ia butuhkan,dengan mencari sumber – sumber yang akurat . dari satu sember ke sumber yang lainnya untuk dapat mewujudkan apa yang ia inginkan,dan bila belum memungkinkan individu tersebut harus menyimpan dahulu ambisinya hingga bisa mendapatkannya nanti.
Individu yang mulai menentukan kebutuhannya di ikuti dengan proses pencarian informasi yang muncul dari rasa ingin lebih tau tentang apa yang ia butuhkan,dengan mencari sumber – sumber yang akurat . dari satu sember ke sumber yang lainnya untuk dapat mewujudkan apa yang ia inginkan,dan bila belum memungkinkan individu tersebut harus menyimpan dahulu ambisinya hingga bisa mendapatkannya nanti.
3.
Pengevaluasian
Alternatif
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat alternative yang akan diambil oleh individu tersebu.
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat alternative yang akan diambil oleh individu tersebu.
4.
Keputusan
Pembeli
Keputusan pembelian ini di ambil setelah individu mengevaluasi hasil dari pertimbangan alternative yang sudah sekiranya memenuhi apa yang dibutuhkan dengan situasi yang memungkinkan maka proses pembelian saat itu dapat di wujudkan.
Keputusan pembelian ini di ambil setelah individu mengevaluasi hasil dari pertimbangan alternative yang sudah sekiranya memenuhi apa yang dibutuhkan dengan situasi yang memungkinkan maka proses pembelian saat itu dapat di wujudkan.
5.
Perilaku
Setelah Pembelian
Dengan pembelian yang sudah
terjadi maka individu berhak mennentukan tingkat kepuasan yang ia dapat setelah
melakukan prosoes pembelian,bila individu sebagai konsumen terpuaskan maka ini
menjadi hal positif bagi pemasaran merek atau produk yang telah terjual namun
bila hasil kepuasan sangat mengecewakan maka dipastikan penjualan dari merek
atau produk tersebut akan menurun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar