Rabu, 10 Oktober 2012

Tulisan Softskill. Perilaku Konsumen


PROSES KEPUTUSAN MEMBELI
            Proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yaitu : Pengenalan kebutuhan, Pencarian informasi, Pengevaluasian alternatif, Keputusan pembelian, dan Perilaku setelah pembelian. Tapi pada kenyataannya kadang proses ini tidak berurutan bahkan juga bisa melongkapi. Berikut penjelasan dari 5 proses keputusan membeli :
1.      Pengenalan Kebutuhan
Suatu keadaan dimana individu merasa sangat membutuhkan sesuatu,missal
nya makan,minum,dll. Sehingga individu tersebut memfokuskan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia butuhkan. Hal ini dapat terjadi dengan adanya rangsangan eksternal, misalkan kita tertarik oleh handphone terbaru dari pembicaraan dengan individu lain sehingga mendorong kita untuk ingin mempunyai handphone terbaru tersebut.
2.      Pencarian Informasi
Individu yang mulai menentukan kebutuhannya di ikuti dengan proses pencarian informasi yang muncul dari rasa ingin lebih tau tentang apa yang ia butuhkan,dengan mencari sumber – sumber yang akurat . dari satu sember ke sumber yang lainnya untuk dapat mewujudkan apa yang ia ingin
kan,dan bila belum memungkinkan individu tersebut harus menyimpan dahulu ambisinya hingga bisa mendapatkannya nanti.
3.      Pengevaluasian Alternatif
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat alternative yang akan diambil oleh individu tersebu
.
4.      Keputusan Pembeli
Keputusan pembelian ini di ambil setelah individu mengevaluasi hasil dari pertimbangan alternative yang sudah sekiranya memenuhi apa yang dibutuhkan dengan situasi yang memungkinkan maka proses pembelian saat itu dapat di wujudkan.
5.      Perilaku Setelah Pembelian
Dengan pembelian yang sudah terjadi maka individu berhak mennentukan tingkat kepuasan yang ia dapat setelah melakukan prosoes pembelian,bila individu sebagai konsumen terpuaskan maka ini menjadi hal positif bagi pemasaran merek atau produk yang telah terjual namun bila hasil kepuasan sangat mengecewakan maka dipastikan penjualan dari merek atau produk tersebut akan menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar