Senin, 01 Oktober 2012

Peran Bahasa Indonesia Pada Masa Kini

PERAN BAHASA INDONESIA PADA MASA KINI

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang di gunakan oleh bangsa Indonesia. Tepatnya di kukuhkan pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. 

Apakah Bahasa Indonesia masih digunakan dengan baik saat ini?

Jawaban pertanyaan itu bisa iya bisa tidak. Bahasa Indonesia yang baik menggunakan EYD  dan bahasa yang baku memang agak kaku kalo digunakan untuk bahasa sehari-hari. Tapi paling tidak masih digunakan pada acara-acar resmi atau pidato yang di hadiri oleh pejabat tinggi.

Miris memang kini Bahasa Indonesia mulai terkikis keberadaannya, masuknya teknologi yang cangih membuat munculnya bahasa gaul istilahnya pada kalangan remaja, anak-anak bahkan dewasa memang agak mudah dan lebih enak di dengar.

Belum lagi di daerah pedalaman seperti suku dayak, suku sasak dan yang lainnya masih menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing padahal sejak tahun 1928 Bahasa Indonesia sudah di ikrarkan, tapi mereka masih menggunakan bahasa daerah mungkin karna kurangnya pengetahuan dan merasa asing untuk digunakan untuk berkomunikasi.

Ada lagi beberapa sekolah yang menggunakan Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dalam pelajaran, dan ada hari tertentu menggunakan Bahasa Inggris, memang jaman sudah modern tapi apa harus Bahasa Indonesia di nomer duakan? Mungkin mereka bangga bisa cas cis cus menggunkan bahasa Inggris. Tapi ya tetep Bahasa Indonesianya dipakai.

Biarpun demikian, Bahasa Indonesia tetep jadi bahasa pemersatu bangsa, Tidak kebayang kalau tidah ada bahasa Indonesia di Negara kita pasti akan kesulitan dalam berkomunikasi, yang satu bicara sunda yang satu lagi batak pastinya akan kacau balau. Walaupun tidak pakai EYD yang baik Bahasa Indonesia tetap jadi bahasa ibu bagi kita anak-anak Indonesia.
                                                                                                                                                                              
ANNIS SEPTHI KARTIKA
19210469
3EA19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar