1. Sebutkan definisi corporate sociak responsibility!
Suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
CSR adalah
sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam
operasi bisnis mereka dan dalam interaksi merekadengan para pemangku
kepentingan (stakeholders)
berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemitraan (Nuryana, 2005).
Sedangkan
menurut Schermerhorn (1993) memberi definisi CSR sebagai suatu
kepedulian organisasi bisnis untuk bertindak dengan cara-cara mereka sendiri
dalam melayani kepentingan organisasi dan kepentingan publik eksternal.
CSR secara umum
diartikan sebagai kumpulan kebijakan dan praktek yang berhubungan dengan stakeholder,
nilai-nilai, pemenuhan ketentuan hukum, penghargaan masyarakat dan lingkungan;
serta komitmen dunia usaha untuk berkontribusi dalam pembangunan secara
berkelanjutan ,Corporate
Social Responsibility (CSR) tidak hanya merupakan kegiatan karikatif
perusahaan dan tidak terbatas hanya pada pemenuhan aturan hukum semata
2. Jelaskan apa yg anda ketahui mengenai prinsip corporate social responbility (csr)
·
Prinsip pertama
adalah kesinambungan atau sustainability. Ini bukan berarti perusahaan akan
terus-menerus memberikan bantuan kepada masyarakat. Tetapi, program yang
dirancang harus memiliki dampak yang berkelanjutan. CSR berbeda dengan donasi
bencana alam yang bersifat tidak terduga dan tidak dapat di prediksi. Itu
menjadi aktivitas kedermawanan dan bagus.
·
Prinsip kedua,
CSR merupakan program jangka panjang. Perusahaan mesti menyadari bahwa sebuah
bisnis bisa tumbuh karena dukungan atmosfer sosial dari lingkungan di
sekitarnya. Karena itu, CSR yang dilakukan adalah wujud pemeliharaan relasi
yang baik dengan masyarakat. Ia bukanlah aktivitas sesaat untuk mendongkrak
popularitas atau mengejar profit.
·
Perinsip ketiga,
CSR akan berdampak positif kepada masyarakat, baik secara ekonomi, lingkungan,
maupun sosial. Perusahaan yang melakukan CSR mesti peduli dan mempertimbangkan
sampai kedampaknya.
·
Prinsip keempat,
dana yang diambil untuk CSR tidak dimasukkan ke dalam cost structure perusahaan
sebagaimana budjet untuk marketing yang pada akhirnya akan ditransformasikan ke
harga jual produk. “CSR yang benar tidak membebani konsumen.
3. Jelaskan menurut pemahaman kalian mengenai corporate social responbility (csr) bagi perusahaan.
·
meningkatkan citra perusahaan : dengan
melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai
perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
·
memperkuat brand perusahaan :
memberikan product knowladge kepada konsumen dengan cara membagikan produk
secara cuma-cuma, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk
perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan tersebut
· mengembangkan kerjasama dengan para
pemangku kepentingan : yang dimaksud disini adala perusahaan tentunya gak
mampu melakukan sendiri, jadi harus dibantu dengan pemangku kepentingan,
seperti pemerintah daerah, masyarakatnya itu sendiri. universitas lokal. maka
perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan
tersebut.
·
membedakan perusahaan dengan pesaing :
jika CSR tersebut dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan punya
kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakan
dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
4. Gambarkan dan jelaskan hubungan antara CSR dan pengembangan masyarakat.
Tanggung
jawab sosial perusahaan, perusahaan sebisa mungkin dapat menyadari adanya
sebuah tanggung jawab atas tindakan oprasional yang dilakukan terhadap
masyarakat dan lingkungan. dalam pelaksanaannya CSR selama ini lebih banyak
dilakukan secara sukarela dan kedermawanan, sehingga jangkauannya relatif
terbatas. setiap bisnis memiliki tanggung jawab kepada beberapa pihak utama
yang berkepentingan, termasuk linkungan, karyawan, pelanggan, investor dan
komunitas. minimal yang berada dalam radius operasi usaha. kebanyakan
perusahaan beranggapan bahwa CSR dapat membantu mereka mengelola resiko,
aset-aset yang kasat mata, proses internal, dan hubungan dengan stakeholder
internal maupun eksternal.
5. Sebutkan dan jelaskan indikator keberhasilan Corporate social responbility (csr) dan model penerapan di indonesia.
Indikator keberhasilan dapat dilihat dari dua sisi perusahaan dan
masyarakat. Dari sisi perusahaan, citranya harus semakin baik di mata
masyarakat. Sementara itu, dari sisi masyarakat, harus ada peningkatan kualitas
hidup. Karenanya, penting bagi perusahaan melakukan evaluasi untuk mengukur
keberhasilan program CSR, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Satu hal
yang perlu diingat, “Salah satu ukuran penting keberhasilan CSR adalah jika masyarakat
yang dibantu bisa mandiri, tidak melulu bergantung pada pertolong orang lain.
6. Jelaskan apa yang kalian ketahui hubungan csr dengan konsep pembangunan ekonomi berkelanjutan.
Pembangunan
yang berkelanjutan dengan CSR memiliki keterkaitan dalam hal tujuan perusahaan
yang bukan semata-mata mencari keuntungan dan pertumbuhan berkonsekuensi
penting. perusahaan harus mengakui keberadaannya sebagai bagian dari sistem
lingkungan dan sistem sosial, oleh karena itu perlu juga mengakui adanya
keterbatasan sumber daya alam dan mengasumsikan tanggung jawab bersama atas
penggunaan / pengembangan sumber daya sosial sehingga paham akan dampak yang
akan ditimbulkan oleh tindakan yang sudah diambil.
7. Gambarkan tabel motivasi tanggung jawab sosial perusahaan, dan jelaskan.
·
corporate charity : dorongan amal
berdasarkan motivasi keagamaan
·
corporate philantrophy : dorongan
kemanusiaan yang bersumber dari norma dan etika universal untuk menolong sesama
dan memperjuangkan pemerataan sosial
· corporate citizenship : yaitu dorongan
kewargaan dembi mewujudkan keadilan sosial berdasarkan prinsip keterlibatan
sosial.
8. Jelaskan apa yg kalian ketahui mengenai ISO dan SNI.
·
Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari
wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Pada awalnya,
singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tetapi sekarang
lebih sering memakai singkatan ISO, karena dalam bahasa Yunani isos berarti sama
(equal). Didirikan pada 23 Februari 1947,
ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO, yang
merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat
dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar